Macam-macam Office Furniture Lengkap dengan Fungsinya

Kantor akan beroperasi dengan baik jika dilengkapi dengan berbagai fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan tersebut. Fasilitas wajib seperti office furniture yang minimalnya terdiri dari kursi, meja dan lemari merupakan perlengkapan paling dasar agar kantor dapat berfungsi dengan baik. Furniture ini dapat terbuat dari kayu, aluminium, plastik jenis tertentu ataupun campuran di antara beberapa bahan sehingga furniture ini dapat bertahan lama.

Jenis dan Fungsi Office Furniture

Sarana dan prasarana penunjang pekerjaan harus dipilih dengan baik sesuai dengan fungsinya masing-masing. Karena jika salah pilih maka karyawan yang menggunakan akan merasa tidak nyaman sehingga pekerjaan akan terganggu. Oleh karena itu, mencari office furniture yang sesuai tidaklah semudah yang anda bayangkan. Namun, Arkadia Furniture memiliki banyak pilihan furniture yang cocok untuk kantor anda. Namun, anda perlu mempertimbangkan furniture lainnya agar kegiatan kantor tidak terganggu. Beberapa furniture pendukung tersebut adalah:

  1. Meja
    Meja merupakan office furniture utama dalam mendukung pekerjaan. Karena fungsinya yang sangat penting, maka pilihlah meja yang tidak hanya sesuai tapi juga aman dan nyaman. Meja kantor haruslah bersih dan permukaannya mulus. Jika tidak maka peralatan kantor seperti komputer, printer dan lainnya akan mudah kotor dan rusak. Meja yang tidak baik juga akan memberikan dampak buruk pada karyawan seperti mudah terluka jika permukaan meja yang digunakan kasar atau mudah bersin jika kotor. Namun, meja kantor sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan fungsinya. Nah, untuk mengetahui jenis meja kantor yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan, anda dapat melihatnya di www.akardiafurniture.com. Anda dapat memilih meja tipe domestica, rola, revo dan proexcel untuk para karyawan, meja tipe eclesia untuk kegiatan rapat. Sedangkan meja tipe signature, rossa, nouvo dan lotus dapat digunakan untuk para ketua divisi dan pemimpin kantor.
  2. Kursi
    Selain meja, kursi juga furniture pelengkap yang tidak dapat dipisahkan. Namun, kursi yang digunakan berbeda antara pemimpin dengan karyawan. Kursi pimpinan biasanya berukuran lebih besar selain itu lebih nyaman digunakan karena lebih empuk dan lembut. Sedangkan ukuran kursi karyawan lebih kecil namun tetap nyaman digunakan. Namun, banyak juga kantor yang tidak membedakan kursi pimpinan ataupun karyawan karena yang terpenting adalah kenyamanannya.
  3. Lemarim
    Lemari berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai berkas ataupun perlengkapan lainnya agar tertata dengan baik dan rapi. Keberadaan lemari juga sama perlunya dengan meja dan kursi sebagai office furniture. Beberapa jenis dokumen yang dapat disimpan di lemari adalah dokumen yang berisikan tentang panduan, aturan ataupun undang-undang, dan laporan yang telah selesai. Beberapa kantor banyak menyediakan rak lemari yang berfungsi sebagai tempat menyimpan dokumen atau berkas yang belum selesai untuk sementara. Lemari ini akan memudahkan karyawan untuk mengambil dan melanjutkan pekerjaan sebelumnya.
  4. Brankas
    Setiap kantor wajib memiliki brankas untuk menyimpan dokumen-dokumen penting ataupun benda berharga lainnya seperti uang, perak, emas dan lainnya. Brankas ini akan menjaga barang berharga dari pencuri, kebakaran dan gempa karena terbuat dari bahan yang kuat serta kokoh. Brankas dilengkapi dengan kode keamanan dan hanya diketahui oleh orang tertentu yang dapat dipercaya oleh pimpinan.

Keberadaan office furniture yang lengkap dengan kualitas baik akan mendukung pekerjaan menjadi lebih baik. Karenanya, anda harus memilih furniture yang baik namun sesuai dengan kebutuhan dan keadaan keuangan. Anda juga harus sering merawat furniture tersebut agar kondisinya selalu bagus dan bertahan untuk waktu yang lama.

Macam-macam Office Furniture Lengkap dengan Fungsinya | Farid | 4.5