Pakar SEO

Cara Install WordPress di cPanel Hosting

Install WordPress di cPanel Hosting

 – Ini merupakan pengalaman sekaligus ilmu WordPress yang saya punya, yang mungkin bisa bermanfaat untuk pengunjung semua. Hehee Dalam pembuatan website atau blog WordPress (WordPress Self Hosted / WordPress.org) kita harus tahu cara menginstal wordpress, karena wordpress self hosted ini sangat berbeda dengan blog gratis seperti Blogger.com dan blog gratis lainnya yang tidak memerlukan instalasi. Berikut ini yang bisa anda lakukan untuk install wordpress.

WordPress Bisa di install dengan 3 cara berikut:

  1. Install dengan softaculous

    Cara yang pertama ini adalah cara install wordpress paling mudah dan cepat. Kita hanya tinggal klik dan mengisi data seperti memasukkan judul blog, deskripsi blog, username dan password saja.

  2. Install dengan fantastico

    Yang kedua ini hampir sama dengan cara pertama, bedanya hanya di bagian tampilannya saja. Softaculous memiliki tampilan yang modern, sedangkan fantastico tampilannya simpel saja. Kebanyakan sekarang ini web hosting menggunakan software softaculous.

  3. Install secara manual

    Menginstal wordpress dengan cara manual menurut saya sebagai pemula lumayan sulit. Hehee Itu pernah saya alami saat pertama kali mengenal wordpress. Cara instalnya yaitu, kita harus membuat database dan upload file wordpress. Cara ini juga hampir sama dengan cara membuat website di localhost.

Dari ketiga cara diatas anda akan memilih yang mana? “Saya coba tebak, pasti anda semua akan memilih cara ke 1 dan 2 ya”. Hehe Untuk cara ketiga mungkin sekarang sudah jarang digunakan, karena kebanyakan hosting sudah memiliki fitur auto install. Dan berikut ini tutorial install wordpress di hosting.

Install WordPress di cPanel Hosting dengan Softaculous

  1. Login ke cPanel hosting Anda. Caranya kunjungi domainmilikanda.com/cpanel atau domainmilikanda.com:2083 (cara ini akan bekerja jika anda sudah menghubungkan domain ke hosting). Jika belum (karena alasan tertentu), anda bisa mengunjungi “IP Hosting:2083”.
    Login cPanel
  2. Cari menu software yang ada di halaman cPanel hosting, lalu klik Softaculous Apps Installer. Lihat gambar dibawah untuk memperjelas maksud saya.
    Install dengan softaculous
  3. Arahkan mouse ke bagian menu wordpress, terus klik install.
    Install WordPress
  4. Dibagian halaman install wordpress, silakan anda masukan data-data untuk website wordpress anda.
    Install WordPress di cPanel Hosting
    Penjelasan dari gambar diatas:
    Choose Protocol: Anda bisa pilih http:// jika blog anda tidak ingin menampilkan www di alamat blog anda nanti. Atau anda pilih http://www. jika anda ingin menampilkan www di alamat blog anda.
    Choose Domain: Yang ini biarkan saya, kecuali anda memiliki beberapa domain.
    In Directory: Saran saya bagian ini di kosongkan saja, agar website anda lebih terlihat keren. Jika anda mengisi dengan “WP” atau “Nama anda” maka nanti alamat webnya akan menjadi domainmilikanda.com/wp/ atau domainmilikanda.com/nama-anda/
    Site Name: Kolom ini untuk judul website anda.
    Site Description: Isi dengan deskripsi web anda.
    Enable Multisite (WPMU): Anda biarkan saja (jangan di ceklis). Kecuali anda ingin install wpmu dan hosting anda mendukungnya. Biasanya hosting dengan paket standar tidak mengizinkan untuk di install wpmu. Alhamdulillah saya menggunakan hosting bagus hoster.co.id jadi ada fitur wpmu. Hehee
    Admin Username: Masukan username anda disini. Ini untuk nama sekaligus untuk login nanti ke wp-admin.
    Admin Password: Masukan password untuk login anda nanti. Saran saya buatlah password yang bagus (tambahkan karakter khusus) dan yang mudah anda ingat.
    Admin Email: masukan email anda yang aktif.
    Select Language: Pilih bahasa untuk web wordpress anda bisa pilih English, Indonesia, Arab, German dan bahasa negara lainnya.
    Email installation details to: Isi dengan email aktif anda. Ini berguna untuk memberikan informasi tentang install blog wordpress, username dan password yang akan dikirim secara otomatis ke email anda. Jika menurut anda tidak berguna, ini bisa di kosongkan saja.
    Jika anda sudah yakin dengan data yang di masukan sudah benar bisa langsung klik install.

Tunggu beberapa detik sampai proses install selesai. Jika wordpress sudah berhasil di install silakan anda coba login ke domainmilikanda.com/wp-admin menggunakan username dan password yang tadi anda buat. Jika tadi anda memasukan email di bagian “email installation details to” coba cek pesan di email, disana akan ada data login ke blog wordpress yang baru anda buat.

Untuk menambah ilmu dan wawasan anda tentang blog WordPress silakan baca juga: Penjelasan Dasar WordPress untuk Pemula.

Akhir kata dari saya selamat anda sudah memiliki blog wordpress, salam sukses dan wasallam…..

Cara Install WordPress di cPanel Hosting | Farid | 4.5

Farid Pakar SEO IndonesiaNama: Farid
Pengen bisa seo seperti pakar seo atau master seo Indonesia. 😀
Google+: +FaridHikz
Lihat profil saya disini.