Pakar SEO

Bikin Event Organizer Yuk!

www.farid.my.id – Kamu yang ikut organisasi apa pun, pasti akrab dengan istilah event organizer. Yakni, organisasi atau lembaga yang khusus yang mengelola kegiatan-kegiatan.
Untuk mendirikan sebuah event organizer, tak hanya cukup pengalaman. Sebuah event organizer justru tidak menangani lah-lah yang sifatnya teknis. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kamu simak.

  1. Mencari teman satu kesamaan.
    Sebelum mendirikan event organizer, carilah dua atau tiga orang yang sama-sama berminat dalam menyelenggarakan event. Kamu bisa mengajak teman-teman yang pernah aktif dalam kepanitiaan. Ingat jangan salah pilih. Ada orang yang sama sekali tidak mau susah-susah memikirkan konsep acara, kreativitas dan proses lainnya yang cukup rumit.
  2. Menyusun Ide Kreatif.
    Langkah selanjutnya adalah melakukan terobosan, menyusun ide kreatid. Semakin unik, ide itu punya peluang besar menjadi program acara yang punya nilai jual.
    Oh ya, langkah ini tidak mesti kamu lakukan sendiri. Dengan anggota lain ide yang masuk akan semakin beragam. Itu akan membuat kamu semakin mudah menuangkan ide kretif.
  3. Menyusun Proposal.
    Setelah dua langkah di atas kamu kerjakan dengan baik, siap-siap deh masuk dalam proses penuangan ide dalam bentuk tertulis. Termasuk proses pelaksanaannya dari yang kecil sampai yang besar, sehingga tidak ada satu pun yang terlewatkan. Hal-hal yang menyangkut kepanitiaan juga jangan sampai tertinggal.
    Susun acara menjadi tawaran yang menarik dalam proposal. Coba kamu jelaskan secara rinci tentang skenario jalannya acara, karena disitu akan terlihat apakah acara itu akan berlangsung menarik, monoton atau malah menyebalkan.
  4. Membuat Rencana Anggaran.
    Proposal sudah jadi, konsep dan segala kebutuhannya sudah tertuang. Langkah berikutnya kamu susun segala kebutuhan yang tertuang di dalam proposal.
    Setelah itu, bersama dengan teman-teman atau bisa juga kamu percayakan kepada satu orang, memulai kerja penyusunan anggaran. Ingat lho, jangan menyusun berdasarkan perkiraan tanpa standardisasi.
    Buat daftar kebutuhan dengan sebaik-baiknya. Lakukan survey harga, terutama lah yang menyangkut dengan pengisi acara, perlengkapan acara dan pernak-pernik acara lainnya. Susun rencana anggaran tersebut serealistis mungkin.
  5. Membuat Rencana Kerja.
    Setahap demi setahap, langkah sebuah event organizer kita sudah lakukan. Maka seterusnya, kamu harus membuat rencana kerja. Ini menjadi penting, karena dengan membuat ini kamu jadi memiliki target dalam menjalankan konsep atau ide itu menuju suatu program acara yang terselenggara.
  6. Menyusun Rencana Pemasaran.
    Tahap ini menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan. Langkah ini akan menentukan suksesnya acara.
    Pilihlah kemana ide itu akan kita tawarkan, jangan sampai suatu program acara anak-anak eh nyasar ke perusahaan yang membutuhkan promosi untuk produksi kecantikan. 😀
    Bidiklah perusahaan yang memang sedang gencar melakukan promosi, atau paling tidak perusahaan yang memang terbiasa menjadi sponsor. Itu artinya perusahaan tersebut memiliki anggaran promosi yang dapat kita manfaatkan.
  7. Membentuk Kepanitiaan Teknis.
    Kamu harus terlebih dahulu membentuk kepanitiaan teknis lengkap sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa job description disiapkan dengan matang.
  8. Evaulasi Keseluruhan Persiapan.
    Lakukan tahap evaulasi, periksa apakah ada yang terlewatkan atau yang belum terfikirkan. Jangan sampai juga ada hal dadakan diluar perncanaan. Kalau setelah di evaluasi, berilah penilaian, apakan program tersebut mau terus atau berhenti sampai disini.
  9. Pelaksanaan.
    Beres semua tahap, tibalah saatnya kamu bersama teman-teman kamu. Lengkap dengan segala perangkat kegiatan, bersiap untuk melaksanakan kegiatan.

Gampang kan? 😀 Jangan tunggu nanti. Sekarang juga kamu rencanakan. Event organizer yang berfokus pada bidang apa yang hendak kita dirikan, pokoknya apa pun itu lakukan dengan serius dan sabar. Oke deh, sukses ya dengan Event organizernya.

Tips Belajar Smart dan Nggak Bete
Tentunya Kamu ingin dong jadi orang yang nggak cuma gaul, tapi juga smart. Nah, untuk mencapai itu semua kudu ada usaha keras klik disini.

Bikin Event Organizer Yuk! | Farid | 4.5

Farid Pakar SEO IndonesiaNama: Farid
Pengen bisa seo seperti pakar seo atau master seo Indonesia. 😀
Google+: +FaridHikz
Lihat profil saya disini.