Redirect Error 404 ke Homepage WordPress

www.farid.my.id – Mungkin anda pernah melihat banyak error 404 di google webmaster tools dikarenakan blog kita yang kurang di perhatikan lagi. Error 404 ini bisa di sebabkan karena anda menghapus postingan, disengaja oleh orang dengan mengunjungi halaman tertentu yang memang tidak ada di blog kita.

Pindah blog dari Blogger ke WordPress juga bisa mengakibatkan banyak error 404. Maksud error saya disini bukan error pada halaman post atau artikel ya. Karena itu bisa terjadi jika anda tidak mengatur permalink dengan benar.

Error yang saya temukan di google webmaster setelah pinda blog dari blogger ke wordpress yaitu error yang tidak penting seperti /search?updated-max=*, /search/label/* dan masih banyak lagi. Jika error 404 itu hanya 1 atau 2 saja mungkin bisa kita redirect dengan manual, tapi kalo lebih 40 kan malas juga. Hehee



Redirect Error 404 ke Homepage di WordPress Tanpa Plugin

Cara ini akan redirect semua error 404 yang ada di blog wordpress kita, dan ini juga akan menggunakan atau menhasilkan code redirect 301 yang mana redirect 301 lebih bagus dan bermanfaat dalam seo (search engine optimization).

Redirect Error 404 ke Homepage di WordPress Tanpa Plugin
404 Page Not Be Found

  1. Login ke cPanel
  2. Pada menu files pilih File Manager
  3. Pergi ke Directory Tema WordPress yang digunakan
  4. Buat file baru dengan nama 404.php
  5. Edit file 404.php lalu masukan code php dibawah
  6. <?php
    header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
    header("Location: https://www.farid.my.id/");
    exit();
    ?>
  7. Jangan lupa klik Save Changes atau Simpan Perubahan

Jika meurut anda cara redirect semua error 404 diatas terasa sulit, silakan download saja file 404.php yang akan saya bagikan dibawah ini.

Download file 404.php untuk redirect error 404 di WordPress

Nama: 404.zip
Ukuran file: 244 bytes (sangat kecil tidak sampai 1KB)

Silakan download file diatas, lalu extract. Setelah anda extract nanti akan ada file 404.php Nah file tersebut silakan upload ke directory tema wordpress blog anda.

Directory Tema WordPress -> public_html/wp-content/themes/NamaTemaYangAndaGunakan

Hanya itu saja artikel Cara Redirect Error 404 ke Homepage di WordPress Tanpa Plugin dari saya. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih t’lah berkunjung…

Redirect Error 404 ke Homepage WordPress | Farid | 4.5
Tags:

Farid Pakar SEO IndonesiaNama: Farid
Pengen bisa seo seperti pakar seo atau master seo Indonesia.
Google+: +FaridHikz
Lihat profil saya disini.