#pakar_seo

Tips Asyik Membaca Agar Tidak Membosankan

www.farid.my.idMembaca adalah kebutuhan aqliyah setiap manusia. Sama seperti kebutuhan dimensi lain. Membaca bisa menjadi sarana yang menghubungkan antara akal manusia dengan ilmu pengetahuan, ideologi dan keyakinan. Membaca bisa menghindari kita dari penyakit deminsia, sebuah penyakit yang menyerang jaringan otak. Penyakit ini bisa menyebabkan kepikunan alias tulalit. Nah, lho lumayan seram ya?
Tips Asyik Membaca Agar Tidak Membosankan

Nah biar kamu tidak tulalit, berikut ini tips asyik membaca yang baik, spesial untuk sahabat Farid.My.ID:

  1. Jangan Membaca Sebagai Kebutukan bukan Kewajiban

    Mulai saat ini kamu harus mengubah paradigma berpikirmu, bahwa membaca juga sama kebutuhannya dengan makan dan minum. Membaca berarti ‘memberi makan’ otak kita.

  2. Konsentrasi Ketika Membaca

    Membaca dengan konsentrasi penuh membuat kamu tidak sekedar hapal apa yang ada di buku, tapi juga paham dan bisa mengambil pelajaran dari yang ada di buku.

  3. Tulislah Apa Yang Kamu Baca

    Ali bin Abi Thalib pernah berkata, “ikatlah ilmu dengan menulisnya”. Mungkin kamu yang suka mendengarkan musik pernah menghapalin liriknya, mana yang cepat di hapal antara langsung melihat textnya dengan yang menulis ulang textnya, saya rasa lebih cepat yang di tulus ulang, itu menurut pengalaman pribadi saya (Admin Farid). Heee Menulis yang kita baca sangat berguna untuk mengingat-ingat poin-poin penting yang tertulis dalam buku.

  4. Membaca Materi yang Disukai Secara Bertahap

    Mulailah dengan membaca buku-buku atau bacaan yang kamu suka. Dengan membaca hal-hal yang kamu suka, akan membuat kamu tidak jenuh. Mulailah dari membaca yang penting, kemudian yang terpenting. Seperti juga mulai dari membaca buku-buku tips, baru kemudian yang sedang dan tebal. Mulailah dari membaca buku yang ringan, mudah dicerna baru kemudian yang serius dan berbobot.

  5. Memilih Waktu yang Tepat

    Waktu yang tepat dan menurut kamu bisa enjoy juga ngaruh pada kenyamanan saat membaca. Biasanya, waktu yang enak untuk menghapal adalah sebelum pajar, waktu untuk meneliti adalah di pagi hari, waktu menulis adalah tengah hari dan untuk menelaah atau mengulang adalah malam hari. Tempat yang sejuk dan jauh dari kebisingan juga bisa membuat kamu asyik membaca.

  6. Membaca dengan Metode SAVI

    Ingant ya SAVI bukan hewan sapi yang biasa kamu makan, Heeeee tapi SAVI adalah singkatan dari Somatis (Bersifat raga atau tubuh), Auditori (Bunyi), Visual (Gambar) dan Intelektual (Merenungkan).

    • Somatic itu membaca dengan menggerakan tubuh agar rileks atau membaca dengan berdiri atau berjalan-jalan, tidak hanya duduk. Misalnya, setelah membaca 1-9 halaman rileks sebentar dengan menggerakkan kaki, tangan dan kepala, baru melanjutkannya lagi.
    • Auditori adalah membaca dengan melafalkan secara keras apa yang kita baca. Lebih-lebih pada kata atau kalimat yang kita tidak paham.
    • Visual yang dimaksud disini yaitu yang berkaitan dengan kemampuan dahsyat kamu dalam mengimajinasikan sesuatu. Cobalah bayangkan saat kamu membaca sebuah konsep atau gagasan. Ini akan membantu kamu memahami apa yang ditulis dalam bacaan tersebut.
    • Intelektual: kamu perlu jeda sebentar, dan renungkan apa manfaat yang bisa kamu ambil dari bacaan tersebut.
  7. Berdo’a

    Mintalah kepada Allah agar ilmu yang kamu baca bisa bermanfaat untuk diri kamu dan orang lain. “Rabbi dzidni ilman naafi’an warzuqni fahman Waasi’an” Ya Allah… tambahkanlah ilmu yang bermanfaat kepadaku pemahaman yang luas.Amin.

Selesai sudah artikel tips asyik membaca agar tidak membosankan, semoga bermanfaat. Jangan lupa Share & Baca juga artikel lainnya ya:

Tips Belajar Smart dan Nggak Bete

Tentunya Kamu ingin dong jadi orang yang nggak cuma gaul, tapi juga smart. Nah, untuk mencapai itu semua kudu ada usaha keras. Salah satunya dengan belajar. Tapi, kadang ada juga lho, orang yang mau …

Tips Asyik Membaca Agar Tidak Membosankan | Farid | 4.5

Pakar SEONama: Farid
Pengen bisa seo seperti pakar seo atau master seo Indonesia. 😀
Google+: +FaridHikz
Lihat profil saya disini.